Jumat, 03 Mei 2013

Cerita di balik lagu "Mercusuar"

Mercusuar adalah lagu ciptaan Ida Rosita temen kuliah saya. Vokalnya Ulin Ni'mah sama Ida sendiri dan bassnya diisi oleh adik saya sendiri Adjie dari Band Coffee Love Story.
Lagu ini adalah lagu yang sifatnya dibuat dadakan untuk memenuhi tugas kuliah yakni mata kuliah "Model-Model Asesmen dalam Pembelajaran Sejarah" yang ditangani oleh Ibu Yani. Dalam matakuliah tersebut kami mahasiswa jurusan pendidikan sejarah UPI diperkenankan memilih pembelaran apa yang diminati berdasarkan 8 kecerdasan Bruner, kebetulan musik menjadi salah satu dai 8 kecerdasan tersebut. Kebetulan dari 40 mahasiswa yang ikut mata kuliah tersebut Saya, Ida dan Ulin kebetulan sama-sama memilih musik. Dan di akhir perkuliahan kami harus menyajikan performance menampilkan musikalisasi puisi atau lagu yang bertema sejarah yang "Cetar Membahana" hanya bertiga.

Kebetulan saat itu Ida bisa nyanyi dan main gitar, Ulin bisa nyanyi dan saya bisa main gitar tapi suaranya fals. dan untuk memudahkan pendokumentasian tugas kami memutuskan untuk merekam lagu tersebut dan mencopynya dalam CD untuk diserahkan kepada dosen. Yang jadi masalahnya hanyalah keterbatasan biaya dan alat. Nah inilah yang membuat lagu ini berkesan untuk saya karena dengan keterbatasan itu saya memaksakan diri untuk belajar home recording.

Ketika Ida dan Ulin mematangkan syair lagu yang kebetulan bertemakan Politik mercusuar yang relevan dengan materi kelas XI IPA tentang demokrasi terpimpin, sementara itu saya mulai mencari buku tentang home recording, membeli DVD program Home Recording, hingga sharing dan bertanya kepada teman tentang cara pengoprasian dan mixing lagu dengan program recoding dan memanfaatkan sumber daya yang ada yakni seperangkat gitar akustik elektrik, gitar elektrik kabel dan seperangkat PC nebeng punya adik akhirnya kami merekam lagu tersebut di awal bulan juni 2012.

 Singkat cerita kami mulai rekaman di rumah saya menggunakan Nuendo4, di mulai dari mencari rolling drum dengan aplikasi midi addictive drum dan take gitar terlebih dahulu kemudian vocal. namun tentu saja ada yg kurang yakni bass. nah setelah beres take vocal, kebetulan adik saya Adjie baru pulang dari les bahasa inggrisnya. dan saya memintanya mengisi komposisi yang sudah ada dan hasilnya betul-betul perfect!.

Nah setelah beres kami kebingungan mencari judul lagu akhirnya kami memutuskan memberi nama lagu tersebut dengan nama "mercusuar". Lagu ini menceritakan sebuah kebijakan politik pembangunan Bung Karno yang monumental dengan membangun banyak bangunan-bangunan yang megah dan kebijakan politik internasional yang berani namun dibalik itu semua kehidupan rakyat Indonesia saat itu sangat memprihatinkan. kemiskinan, pengangguran dan kelaparan terjadi diseluruh penjuru negeri. Liriknya sendiri sedikit menyadur  bait-bait dari sebuah puisi berjudul sajak orang gila yang ditulis pada masa itu (demokrasi terpimpin) agar Zeitgeist-nya dapat ditangkap.

Intinya sih lagu mercusuar itu lagu yg bener-bener berkesan karena dalam proses pembuatan lagu ini saya pribadi mendapat banyak pengalaman yakni membuat lagu bertema sejarah bersama kawan saya, membuat komposisi lagu dan program home recoding di rumah sendiri dan belajar memixingnya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar